Kamis, 05 April 2012

Gunakan Teknologi Untuk Belajar di Dunia Maya

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, IT sebagai alat dan bantuan yang sangat menguntungkan bagi kehidupan manusiapun kian lama semakin maju dan sangat canggih. Hampir di setiap kehidupan manusia kita akan menjumpai semua peralatan dan perkakas yang beraroma IT. Mulai dari sekedar hiburan, sebagai sarana dan prasarana pendidikan sampai sebagai rutinitas untuk bekerja. Tapi pada posting kali ini , saya akan membahas tentang pentingnya peranan IT dalam dunia pendidikan. Di zaman yang sudah modern ini, kita tidak sulit untuk menggunakan perangkat – perangkat yang IT. Bahkan anak usia dinipun sudah banyak yang bisa mengoperasikan perangkat – perangkat tersebut.

Sebut saja komputer, laptop, ipad atau barang – barang canggih lain yang kini mulai merambah ke dalam negeri kita. Mungkin barang – barang canggih tersebut bagi orang yang hanya ingin kesenangan hanya sebagai hiburan semata. Tapi, di tangan orang yang dapat memahami apa sebenarnya tujuan awal dari alat canggih tersebut , barang itu bukanlah hanya sekedar bahan kesenangan semata. Melainkan sebagai media pembelajaran yang sangat mudah dan tepat sasaran.
Mudah karena barang tersebut kini tidak asing lagi, apalagi pada masa sekarang ini sedang ramai dengan fasilitas wifi zone ( area wi-fi ). Rata- rata saat ini , semua alat canggih tersebut (atau biasa kita sebut sebagai gadget ) sudah dilengkapi dengan wireless. Jadi mereka bisa browsing kapanpun di area wi-fi tanpa harus bersusah payah untuk menyambung kabel atau melakukan hal merepotkan lainnya.
Dengan menggunakan fasilitas ini, kita dapat membuka situs – situs pembelajaran ataupun forum – forum online di internet sebagai bahan pembelajaran. Dengan hanya ‘klik saja’ kini kita sudah bisa mendapat banyak ilmu melalui situs – situs yang berisi bahan pembelajaran, mulai dari ilmu – ilmu umum, ilmu komputer, pelajaran yang dipelajari di tempat pembelajaran yang formal seperti sekolah, dan masih sangat banyak lagi ilmu – ilmu yang bisa kita dapat dari situs –situs tersebut.
Namun, bila kita masih terlalu bingung untuk belajar tanpa bimbingan ahlinya ( otodidak ) , kita juga bisa bertanya dan berdiskusi melalui forum online yang telah ada di internet. Di dalam forum ini, kita bisa saling berdiskusi untuk memecahkan masalah yang sedang kita hadapi dalam belajar.
Di dunia maya ini, tidak sulit ini untuk menemukan forum – forum online tersebut, karena sudah banyak sekali forum pembelajaran positif yang dibuat dan beranggotakan orang – orang yang memiliki pengetahuan beragam. Dengan pengetahuan yang beragam itulah kita dapat saling belajar dan berbagi apa yang kita tahu kepada orang lain.
Selain itu , ada lagi fasilitas yang disediakan oleh dunia maya ini, yakni blogger. Yaitu sebuah halaman yang dapat kita gunakan untuk menulis apapun hal yang ingin kita bagikan kepada orang lain. Halaman ini pun bisa dengan mudah kita desain sesuai kehendak hati kita.
Satu lagi nih halaman yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua dikalangan remaja, yaitu facebook. Pasti sudah tidak asing lagi kan mendengar namanya ? ya, di halaman ini sudah banyak fitur yang disediakan, mulai dari grup , halaman , dan chatting. Serasa sudah hampir komplit di halaman Facebook ini.
Ternyata banyak sekali cara kita untuk mendapatkan pendidikan , bukan hanya lewat guru di sekolah saja tapi banyak sekali medianya termasuk media internet. Sekian dulu cerita dari saya, semoga bisa menjadi manfaat bagi anda semua.  

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Discount Code