Sabtu, 31 Maret 2012

MEDIA BANTU INTERKATIF: Peran LCD Proyektor Dalam Pembelajaran

           Salah satu topik yang paling diminati saat ini adalah peran teknologi dalam proses pembelajaran di sekolah-sekolah. Peran teknologi saat ini, sangatlah diperlukan. Mengapa? Melihat  sarana yang digunakan dalam proses pembelajaran, kita mempunyai harapan peran teknologi semacam ini akan memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Contohnya adalah penggunaan LCD Proyektor sebagai mediator dalam penyampaian materi di depan kelas. Penggunaan LCD Proyektor saat ini merupakan hal yang sudah biasa, mengingat tuntutan pendidikan yang harus lebih canggih dari waktu ke waktu. Tidak hanya berkutat pada papan tulis dan kapur, serta penyajian materi yang monoton. Manusia harus lebih kreatif untuk memanfaatkan teknologi yang sudah ada, termasuk LCD Proyektor ini.

         Penggunaan LCD Proyektor sebagai media bantu pembelajaran memang memiliki banyak keuntungan. Guru dapat dengan mudah menyampaikan materi tanpa harus menuliskannya terlebih dahulu di depan kelas. Guru pun dapat lebih leluasa berinteraksi dengan murid- muridnya. Murid pun dapat dengan leluasa mengekspresikan gagasannya secara terbuka sehingga konsep pembelajaran menarik dan interaktif dapat tercipta dalam proses ini. Dalam hal ini guru dapat dengan mudah mengevaluasi segala bentuk aktivitas pembelajaran yang ada di kelasnya sehingga proses perbaikan kualitas pendidikan dapat dilakukan.

          Namun pada realitanya penggunaan LCD Proyektor juga memiliki banyak kekurangan atau lebih tepatnya dampak penyalahgunaan. Banyak guru malah tergantung dengan media ini bahkan dijadikan sebagai kambing hitam sehingga mereka malas atau bahkan tidak mau menuliskan materi di papan tulis khususnya kasus teori hitungan.  Selain materi pelajaran yang berbasis hitungan pun, terdapat masalah juga pada materi yang tidak menggunakan hitungan, karena materi yang diberikan oleh guru malah banyak yang berasal dari meng-copy-paste dari suatu sumber dan tidak mau mengolahnya kembali, sehingga membuat materi yang ditampilkan terlalu sulit untuk dipelajari siswa. Coba kita ambil contoh sederhana seperti pada slide power point, jika materi yang ditampilkan terlalu banyak, akan menyebabkan siswa kesulitan dalam mencatat, dan jalan akhir dari permasalahan tersebut adalah meng-copy materi pembelajaran. Hal tersebut bukan tanpa masalah, karena sebagian besar siswa bahkan tidak membaca kembali materi yang sudah di copy dan banyak pula yang mengalami kesulitan memahami materi yang terlalu banyak. Hal tersebut membuat siswa menjadi kebingungan dalam mempelajari materi yang diajarkan.

        Teknologi LCD Proyektor ini sebenarnya sangatlah membantu dalam proses pembelajaran karena memudahkan semua pihak, baik pengajar maupun murid. Maka dengan peran pentingnya ini, maka elemen pendidikan baik itu pengajar maupun murid harus dengan baik pula dalam pemanfaatannya. Jangan sampai ada guru yang malah menjadi malas menuliskan materi di papan tulis  sejak ada media ini. Murid pun harus lebih aktif dan agresif untuk mengkritik guru yang bergantung pada media ini sehingga proses belajar mengajar tidak menjadi mbalelo alias berada di luar jalur, apalagi di luar jalur pendidikan yang masih kental dengan papan tulis, spidol atau kapur.

          Harapan kedepannya baik itu untuk guru maupun murid, saya sebagai siswa yang hidup di tengah dunia teknologi yang canggih, teknologi yang sudah banyak tersedia saat ini harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk proses pembelajaran. Bagi sekolah yang belum memiliki fasilitas ini, maka harus dengan gencar untuk mengadakan media ini di sekolah, mengingat peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia harus lebih optimal. Dengan adanya sinergi antara fasilitas yang ada dengan aktivitas pendidikan yang bermutu, maka lembaga pendidikan yang cerdas dan unggul akan dengan amat mudah untuk tercipta. Mari, kita wujudkan  bersama- sama! Semangat kita, semangat belajar!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Discount Code